Kepulauan Wayag Raja Ampat

Wisata Alam di Raja Ampat yang Patut Anda Kunjungi

Wisata alam di Raja Ampat sudah terkenal baik oleh wisatawan lokal dan internasional akan keindahannya. Dan yang paling terkenal adalah pemandangan bawah lautnya yang begitu memanjakan mata bagi mereka pecinta diving, sehingga tidak heran jika banyak orang yang semakin penasaran dengan keindahannya. Raja Ampat sendiri berada di Papua, tepatnya di Papua Barat dengan alamnya yang masih asli dan terjaga baik, air lautnya amatlah jernih dan terawat. Bahkan, pemandangan bawah laut dapat dilihat secara dari atas perahu sekalipun.

Jika berwisata ke Raja Ampat, kita masih bisa melihat bebatuan koral, bermacam-macam ikan, gugusan pulau yang berada di tengah laut, hardcoral yang tumbuh melebihi tingginya air laut dipermukaan dan masih banyak lagi. Namun selain lautnya, berikut beberapa pilihan wisata alam di Raja Ampat yang bisa anda kunjungi.

Pilihan Wisata Alam di Raja Ampat

  1. Kepulauan Wayag

Wisata alam di Raja Ampat selanjutnya adalah wisata kepulauan wayag. Kepulauan wayag sendiri adalah kumpulan pulau kecil karang yang ditumbuhi pepohonan rindang. Untuk pecinta fotografi wajib hukumnya untuk datang ke tempat ini karena dijamin tidak akan menyesal setelah sampai di sana, karena banyak sekali objek menarik dan unik.

  1. Stasiun Pencucian Pari Manta di Waigeo

Wisata satu ini menawarkan keindahan ikan pari. Ikan pari di Waigeo mempunyai kebiasaan untuk membersihkan diri dengan bantuan ikan-ikan kecil disekelilingnya. Pembersihan ikan pari ini berfungsi agar adanya luka pada tubuh ikan pari tidak menimbulkan infeksi yang dapat mengancam nyawa ikan tersebut. Sedangkan untuk ikan-ikan kecil tersebut mendapatkan keuntungan karena tidak perlu sulit-sulit mencari makan, cukup dengan mengkonsumsi parasit yang menempel pada tubuh ikan pari.

Stasiun Pencucian Pari Manta di Waigeo

Memang terdengar biasa, namun jika berkunjung ke sana anda akan merasakan ketegangan dan juga pengalaman yang tak terlupakan karena kita bisa melihat puluhan ikan pari yang mengantri untuk dibersihkan dan juga beribu-ribu ikan kecil dari dalam laut.

  1. Kalkun Berkepala Merah

Hewan endemik Raja Ampat yang dilindungi oleh negara karena jumlahnya semakin menurun dan hanya ada di wisata alam Raja Ampat tepatnya di Waitanta dan Batanta. Bagi pecinta hewan, suatu tantangan tersendiri bisa melihat hewan unik ini, sehingga banyak wisatawan yang ingin melakukan ekspedisi untuk menemukan kalkun berkepala merah.

Itulah beberapa Wisata Alam di Raja Ampat yang bisa kalian kunjungi selain wisata lautnya. Akan lebih nyaman bila anda menyewa guide untuk memutari area wisata tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *