Cara Aman Mengemudi Mobil

Tips jitu mengendarai kendaraan mobil dengan aman dan nyaman

Ketika berkendara di jalan umum kita harus memiliki antisipasi dan persiapan yang matang, apalagi kendaraan yang digunakan adalah mobil. Jadi harus mempersiapkan lebih dari pada kendaraan roda dua atau sejenisnya. Berbagai alasan atau sebab kecelakaan mulai dari mengantuk, rem yang blong dan alasan fatal lainnya. Maka dari itu kita harus labih paham tentang keselamatan berkendara.

Di bawah ini ada beberapa tips jitu untuk pengendara mobil agar aman dan nyaman ketika mengarungi medan jalanan. Semoga pembahasan kali ini bisa berguna dan bermanfaat bagi anda dan pengendara yang lain.

Cara Aman Mengemudi Mobil

Cara Aman Mengemudi Mobil

1. Memeriksa kendaraan

Tips pertama ini sangat perlu dilakukan agar ketika di tengah perjalanan tidak terjadi masalah sama sekali pada semua bagian mobil. Komponen yang perlu diperiksa seperti minyak rem, pengecekan lampu indikator, memeriksa kebocoran diberbagai komponen mobil yang menggunakan cairan. Dan juga memeriksa tekanan angin pada semua ban mobil. Usahakan sesuai yang dianjurkan dan dapat anda periksa setiap satu minggu sekali. Tekanan angin itu juga dapat mempengaruhi pada laju kendaraan dan juga keekonomisan bahan bakar yang di pakai walaupun hanya berapa persen saja. Oh yaa jangan lupa untuk melakukan pemanasan pada mesin mobil anda selama 5-10 menit setiap akan melakukan perjalanan agar mesin mobil memiliki peforma yang tinggi.

2. Beban kendaraan

Jangan biarkan mobil anda terlalu banyak mengangkat beban, tentu saja itu tidak baik. Karena akan sangat mempengaruhi keseimbagan mobil dan juga ada rasa yang berbeda ketika dikendarai. Selain itu kelebihan muatan juga berpengaruh pada bahan bakar yang sedikit lebih boros. Akan lebih baik bila anda tidak membawa barang yang sekiranya tidak terlalu penting. Dengan barang yang tidak terlalu banyak akan membuat mobil lebih seimbang dan nyaman untuk dikemudikan.

Cara Mengemudi Mobil Secara Aman

3. Gunakan sabuk pengaman

Sabuk pengaman atau pada istilah lainnya disebut safety belt. Gunakan sabuk pengaman tersebut ketika anda berkendara dan gunakan secara baik dan benar. Yaitu dengan menyilangkan sabuk tersebut dari tulang bahu ke pinggul. Dengan menyilangkan sabuk maka berat badan tubuh dapat terjaga dengan baik.

Sabuk pengaman berfungsi sebagai pengaman atau melindungi tubuh si pengemudi dan juga penumpang dari suatu benturan jika terjadi kecelakaan. Jadi sabuk pengaman merupakan bagian dari keselamatan jiwa anda dan penumpang yang lain.

Itulah beberapa Cara Aman Mengemudi Mobil yang wajib kalian pahami dan lakukan setiap kali berkendara di jalanan setiap hari. Dan jangan lupa bagikan informasi berharga ini pada kerabat kesayangan kalian yaa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *